Pembentukkan Organisasi Pagar Nusa Ranting Talun-Ngebel


Pagar Nusa Saperti 13/04/2013

Salam Pagar Nusa,

pagar nusa saperti
Menyikapi latar belakang Pagar Nusa di wilayah Ponorogo yang semakin berkembang dan memerlukan struktur organisasi yang valid, maka perlu adanya re-generasi kepengurusan Pagar Nusa Cabang, ANCAB, Rayon, Ranting dll. Oleh karena itu kami sebagai generasi penerus Pagar Nusa merasa bertanggung jawab akan lestarinya budaya pencak silat NU ini dengan mengadakan pertemuan ranting.


Pada tanggal ini, kami segenap pemuda tepatnya di Dsn. Tritis Ds. Talun Kec. Ngebel berkumpul dan membahas berbagai permasalahan Pagar Nusa Ponorogo terutama di wilayah kami. Terutama masalah ke-organisasian, menejemen organisasi, dan status latihan rutin Pagar Nusa Saperti.


Pertemuan melibatkan beberapa unsur status masyarakat antara lain kamituwo, guru besar SAPERTI ki Sumarno Plalangan, para undangan, dan tentunya semua pemuda Dusun Tritis. Berbagai persiapan dari siang kami laksanakan demi acara yang baik dan sukses, mulai dari materi pembahasan, susunan panitia, sound, proyektor, dll. Meskipun beberapa masih dalam tahap menyewa, akan tetapi tidak mengurangi lancarnya acara pada tanggal tersebut. 


Dihadiri lebih dari 80 peserta, acara  yang digelar di rumah bapak Katiman/ Jemangin berlangsung cukup baik. Kami segenap panitia meminta kepada Ki Sumarno untuk menjelaskan apa dan bagaimana kedudukan Pagar Nusa di kalangan Nahdlatul ‘Ulama, mulai dari seluk beluk Pagar Nusa di Ponorogo dan Presentasi tentang berdirinya Pagar Nusa oleh Nahdlatul ‘Ulama.

Para peserta pertemuan sangat antusias dan pada saat itupun latihan Pagar Nusa juga resmi dibuka lagi.

Acara yang paling inti yaitu pembentukan kepengurusan Pagar Nusa Ranting Talun dan sudah terbentuk dengan baik. Keberhasilan pertemuan kali ini membawa langkah awal yang bagus untuk generasi Pagar Nusa yang akan datang.


Semoga semua elemen Pagar Nusa di Ponorogo bisa berkembang dengan pesat sebagai benteng dan wadah olah kanuragan di kalangan umat Islam khususnya NU.

Demikian laporan dari Pagar  Nusa Ranting Talun Ngebel kepada jajaran kepengurusan cabang agar lebih memantau pertumbuhan Pagar Nusa di seluruh wilayah Ponorogo.


Kami segenap panitia terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir dan kepada Mbah Marno Plalangan yang sudi hadir membimbing semua siswanya untuk menegakkan Ahlussunnah Waljama’ah.
Berikut kami lampirkan beberapa presentasi pada saat acara berlangsung.

Silahkan Download Presentasi Pagar Nusa DISINI
atau DISiNI

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: